Loading...

5 Triliun Anggaran Pendidikan Dialihkan Benahi Infrastruktur

Posted by

Baca Sikka, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan perampingan anggaran dalam beberapa subsektor kemendikbud. Sebesar Rp 5 triliun dari total Rp 39 triliun dirampingkan dan dialihkan fungsinya ke pendanaan program-program prioritas. Anggaran yang dirampingkan ini terutama dari pos perjalanan dinas dan kegiatan penunjang di kemendikbud.
"Enggak banyak sih dari Rp39 triliun itu kira-kira di atas Rp5 triliun. Terutama dari perjalanan dinas itu, dari Rp7 triliun lebih, tinggal Rp3 triliun lebih jadi ada sekitar Rp3 triliun yang bisa kita hemat," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 20 Oktober 2016.
Angka Rp 3 triliun yang dapat dihemat itu, kata Muhadjir, sebenarnya bukan hanya dari perjalanan dinas pejabat tetapi biaya perjalanan dinas akibat efek kegiatan-kegiatan penunjang di kemendikbud. Dia mencontohkan, kegiatan penataran guru. Dalam kegiatan itu semua guru yang ditatar, diundang dan mendapat uang perjalanan dinas.
"Karena penatarannya kita hapus, otomatis uang perjalanan dinasnya bisa susut," kata Muhadjir.
Presiden RI Joko Widodo memang meminta Muhadjir melakukan langkah-langkah program percepatan di sektor pendidikan. Beberapa hal yang ditugaskan Jokowi kepada Muhadjir, mengurus Kartu Indonesia Pintar (KIP), penajaman program pendidikan vokasi, penataan kembali fungsi-fungsi organisasi di lingkungan pendidikan dan kebudayaan, dan merehabilitas sekolah-sekolah yang rusak.


Editor    : C.A.S.AL
Sumber  : Pikiran-rakyat.com
Berbagi Sekarang di Media Sosial :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg


Terima kasih telah berkunjung di Baca Sikka | Online

Baca Sikka | Online Updated at: 16.08.00

0 komentar:

Posting Komentar