Loading...

KM Lambelu Kandas di Tarakan, Menhub Minta Penumpangnya Dilayani Sampai Tujuan

Posted by

Baca Sikka, Tarakan - KM Lambelu milik PT Pelayaran Indonesia (Pelni) kandas di lepas pantai Tarakan, Kalimantan Utara pada Sabtu (22/10) dini hari. Beberapa penumpang masih berada dalam KM Lambelu. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi minta semua penumpang dilayani sampai tujuan.

KM Lambelu bertolak dari pelabuhan Tarakan dengan membawa 649 penumpang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 199 penumpang tujuan Nunukan telah dievakuasi dengan LCT Bison 1 dan kemudian diangkut dengan Kapal Ferry KMP Manta menuju Nunukan. Posisi 199 penumpang saat ini sudah tiba di Nunukan. Dilaporkan pula bahwa terdapat 70 penumpang yang membatalkan keberangkatan dan telah kembali ke Tarakan dengan menggunakan kapal navigasi, KN Sarang Aloe.

Hingga saat ini masih terdapat 380 penumpang yang masih berada di KM Lambelu dan rencananya sebanyak 138 peumpang akan dijemput dengan speed boat untuk diantar ke Nunukan. Sedangkan 242 penumpang menuju Balikpapan, Pare-Pare, Maumere dan Larantuka direcanakan akan dialihkan ke KM Bukit Siguntang pada Selasa (25/10) besok, demikian disampaikan Kemenhub dalam rilis yang diterima, Senin (24/10/2016).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kandasnya kapal tersebut, semua penumpang yang berjumlah 649 dalam kondisi selamat dan aman.

Menhub Budi memerintahkan Direktur Jenderal Perhubungan Laut dan Direktur Utama PT Pelni untuk melayani penumpang KM Lambelu yang kandas dengan sebaik-baiknya.

Dia juga menugaskan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan investigasi dan menekankan kejadian kandasnya KM Lambelu agar tidak terulang lagi di masa mendatang. KNKT telah menerjunkan tim untuk melakukan investigasi terkait kandasnya KM Lambelu dengan anggota Kunto Prayogo, Capt Rudi Yulianto, dan James Tambunan.

Editor      : C.A.S.AL
Sumber   : Detik News
Berbagi Sekarang di Media Sosial :
Share on FB Tweet Share on G+ Submit to Digg


Terima kasih telah berkunjung di Baca Sikka | Online

Baca Sikka | Online Updated at: 19.29.00

0 komentar:

Posting Komentar